“BERKOLABORASI MENJADI PENGUSAHA SEJATI”

UU CAMP  DAY 1

Assalamualaikum, Apa kabar semuanya Boss-Boss yang saya cintai dan saya banggakan? sukses selalu untuk kiita semua.

Oke, pada artikel kali ini saya akan membahas tentang pengalaman saya selama di UU camp. Yuk kita lanjut aja kemateri pasti udah enggak sabarkan!!

Pada jam 06.00 kami berangkat dengan menggunakan mobil tronton  perjalan kurang lebih 2 jam menuju Cipanas Bogor. dan dilanjutkan dengan mobil angkot untuk sampai Villa Permata Cipanas. kami sampai Villa Jam 10.00. Setelah itu kami  di suruh  berbaris HP, Uang, Dompet, dan jam tangan dikumpulkan oleh fasilitator. Setelah itu kami  dipersilahkan untuk menempati kamar masing- masing untuk menaruh barang dan melaksanakan solat dhuha.

Kami dikumpulkan  di aula  untuk pembukaan UU Caamp. Setelah kami melaksanakan solat dzuhur berjamaah dan dilanjutkan dengan makan siang ala militer yaitu cuman 5 menit. Alhamdulillahnya pada saat itu saya sedang melaksanakan puasa.  jadi engga ngalamin makan dengan waktu secepat itu..

Dan setelah Itu dilanjutkan dengan materi  Ust. M. Zein ini Ulasan Materinya tentang bisnis online dalam fiqih muamalah.

Beliau menyampaikaan dalam berbisnis, Segala sesuatu prinsipnya boleh (dalam bermuamalah). Jual beli halal, haramkan Riba. Jual barang yang halal dan baik. Ada 2 macam halal :
  • halal karena zat nya
  • halal karena prosesnya, atau alatnya,dan lain sebagainya.
Rasulullah sudah dari kecil cari uang, beliau menggembala saat berusia 9 tahun, mulai berdagang dan merantau usia 12 tahun hingga usia 37 tahun.Dalam berbisnis, kita diperbolehkan menjadi reseller, dropship. Karena dulu Rasulullah juga pernah menjadi reseller dan dropshipper. Setelah berbisnis sampai 25 tahun lamanya, saat menjadi pemimpin, Rasulullah tetap memantau bisnis, tetap memantau keadaan pasar.
Ustadz Zen juga menjelaskan bahwa :
  • Ghasab : memakai kepunyaan orang lain tanpa izin itu dilarang
  •  Akad Paroan : Menggunakan sistem bagi hasil
  • Taqrir : mengakui, Taghyir : Memodifikasi, Tabthil : Membatalkan.

Setelah itu kami para akhwat mendapat materi dari miss liy, Kami disini sharing tentang menjaga kesehatan, kebersihan, merawat bagian-bagian tubuh, khususnya untuk para perempuan. Karena untuk menjaga dan merawat tubuh kita ciptaan Allah wajib, juga termasuk mensyukuri atas apa yang telah Allah berikan. Berguna juga untuk kami yang berbisnis, jika ingin bertemu pelanggan atau client, maka kita harus bisa menjaga penampilan, harus wangi juga dong, biar clientnya merasa nyaman dan mau membeli produk/jasa kita.

UU CAMP  DAY 2

di hari kedua diadakan outbond masing -masing di bagi 9 post.  masing -masing kelompok berpasang kebetulan kelompok  umar 28 bersaing sama umar 27 permainan pertama dimulai dari:

Pos 2
Yaitu Permainan keseimbangan ini sangat membutuhkan kerjasama dan kekompakan, disini kami disiapkan bambu berbentuk segitiga dan bertali tambang untuk ditarik agar bambu bisa seimbang dan bisa berjalan, ada satu orang yang harus menaikinya, sedangkan yang lainnya menarik tali.

Pos 3
Yaitu permainan kecepatan dimana satiap anggota mengisi air ke gelas aqua yang  diikatkan  dikepala dan menransferkan air melalui gelas aqua dan yang terakhir dimasukkan kedalam galon.

Pos 4
Permainan kerja sama tim dan kepercayaaan, ada dua orang yang dipilih untuk bermain mencari bola berwarna (yang ditentukan fasil)di dalam kolam dengan kaki terikat dan mata tertutup teman yang lain mengarahkan Setelah permainan selesai, kami semua diminta untuk menceburkan diri ke dalam kolam agar basah semua.

Pos 5,
Kami diminta bekerja sama, ada 10 kertas kotak sedangkan kelompok kami berjumlah 12, Kami diminta berjalan tetapi tidak boleh ada yang keluar dari kotak tersebut. Jadi, teman kami ada yang harus digendong, disini komunikasi, kefokusan, dan kerjasama kami diuji.

Pos 6
disini ada 6 orang yang bermain dan diminta untuk menutup matanya,  sedangkan 6 lainnya mensupport dan menunjukkan arah. Jadi ada beberapa bambu yang harus kami lewati tetapi tidak boleh tersentuh. disini dibutuhkan ke fokusan dankekompakkan..

Pos 7
Kami diminta untuk kreatif,karena kami diminta untuk membuat suatu prakarya berasal dari alam, yaitu dedaunan dan tumbuhan yang ada, Kelompok kami membuat tiruan seperti patung liberti

Pos 8,
dengan mata tertutup, kami diminta berbaris dan memegang pundak teman kami, dan ada juga yang menjadi pemandu. Kami bermain, berjalan namun tidak boleh menginjak tali yang ada di tanah. disini dituntut untuk saling percaya satu sama lain

Pos 9,
kami bermain memasuki tali-tali yang berbagai macam bentuk, tidak boleh menyentuh tali, tidak boleh merusak tali.

Pos 1,
Pos terakhir ini lagi - lagi mata kami harus ditutup cara bermainnya ialah dibagikan kayu dan tali yang sudah diikatkan ke kayu tersebut dan talinya ditarik untuk dimasukkan kedalam botol, para anggota kelompok menutup matanya dengan penutup mata, sedangkan ketua bertugas untuk memandu kemana arah jalan anggota agar bisa memasukkan kayu bertali tersebut kedalam botol dan alhamdulillah dapat menyelesaikan tantangan ini dengan baik