Spirit Dompet Dhuafa & My Star Businness


      Hari ini kami berkesempatan untuk mengikuti matrikulasi hari kedua yang diisi oleh Pendiri Dompet Dhuafa Bapak Parni Hadi dan Direktur Dompet Dhuafa bapak Ismail Agus Said. Bapak Parni Hadi adalah pendiri Lembaga Dompet Duafa pada tahun 1993 yang sekarang di ketuai oleh Bapak Ismail A.Said. Apa itu Lembaga DD? DD adalah  Lembaga Amil Zakat yang sudah mendapat izin resmi dari Kementrian Agama,Lembaga Wakaf, Lembaga Kemanusiaan, Lembaga Sosial, Lembaga Pendidikan, Lembaga pemberdayaan Masyarakat, dan Lembaga Dakwah. 
           
                     Foto Kampus Umar Usman.


Point yang saya ambil dari materi Bapak Parni Hadi, yaitu :


  • Gelar sarjana dan gelar formal bukan tujuan itu hanya sandang saja. Yang terpenting adalah memiliki skill dan karakter
  • Menjadi pengusaha adalah cara mengemban kemuliaan 
  • Menjadi pengusaha adalah mengemban profesi mulia. 
  • Berbisnislah  dengan cara yang Halal, Legal, dan Masuk Akal.

      Setelah solat dzuhur dilanjutkan dengan materi yang disampaikan oleh Mas Andreas Sanjaya. Mas Andreas Sanjaya adalah CEO & co founder iGrow, CEO & co founder Badr Interactive. Dia memulai berbisnis pada tahun 2011 dia mendirikan Badr Interactive. Badr Interactive Merupakan sebuah studio aplikasi mobile,salah satu perusahaan IT yang bermarkas di Depok yang fokus mengembangkan aplikasi di platform Android, BlackBerry, iOS, dan Java ME. Badr Interactive mengusung dan menanamkan nilai-nilai keislaman yang universal, yaitu bagaimana bisa memberi manfaat sosial pada banyak orang melalui teknologi.

    Beragam produk mulai diproduksi. Misi membawa nilai kebermanfaatan tersebut tak semudah mengucap kata. Setiap perjalan pembuatan produk ada kalanya gagal dan seringkali "kehabisan uang". Hingga pada akhirnya muncul produk yang cukup fenomenal. UrbanQurban, sebuah platform berkurban secara online yang membantu orang yang ingin berkurban dengan platform yang tersedia hewan kurban. Aplikasi ini tidak hanya menyediakan informasi tentang hewan kurban, tetapi juga pendistribusian daging kepada yang membutuhkan ditambah dengan laporan hasil penyembelihan.
      Namun, dikarenakan waktu untuk berkurban yang periodik ketika ada musim kurban dan syukuran kelahiran anak saja maka Mas Jay terus mencari ide-ide baru. Hingga akhirnya muncul sebuah solusi yang memberikan dampak yang besar kepada umat manusia di masa depan. Solusi tersebut bernama iGrow, iGrow sendiri merupakan sebuah platform yang bisa menghubungkan para petani, pemilik lahan, dan orang-orang yang ingin berinvestasi di bisnis pertanian. Menurut  mas Jay, iGrow ingin memanfaatkan sebanyak mungkin lahan yang tidak terpakai di seluruh dunia agar bisa digunakan untuk menanam tumbuhan. Prinsipnya memulai sebuah usaha bukan hanya ingin kaya atau terkenal, tapi bagaimana usaha tersebut mempunyai purpose/misi tertentu. Mas Jay hadir untuk menciptakan aplikasi teknologi yang dapat menolong banyak umat.

        Mas Jay juga membuat Aplikasi Yawme atau bisa di sebut dengan Resolusi Langit, yaitu aplikasi untuk memudahkan kita menyetorkan ibadah keagamaan yang sudah tertera di aplikasi tersebut yang akan dirilis tanggal 14 September tahun ini.

Point yang saya ambil dari kisah mas jay:
  1. Bisnis bukan tentang bisa BUAT APA tapi Orang BUTUH APA (Demand)
  2. Entrepreneur itu menciptakan solusi untuk memecahkan permasalahaan   dalam masyarakat
  3. Jadilah pribadi yang memiliki Kredibilitas Tinggi dan kejujuran ketika     berbisnis.
  4. Kita engga ada yang tahu umur kita samapai kapan yang jelas selagi kita masih bernafas maka berilah kemanfaatan untuk orang banyak.
Ada satu kutipan kata dari Mas jay yang membuat saya merinding mendengarnya. begini bunyi kutipannya:

"Ketika lelah menyapa, kala sibuk menghampiri, kuhujamkan selalu dalam hati, ‘Jay istirahatnya di surga aja’. Buat setiap detikmu bermakna, jadikan setiap nafasmu berarti. (Andreas Senjaya, Founder Badr Interactive).

nih ada sedikit bocoran nih dari mas Jay tentang Amalan yang dilakukan mas jay dari dulu sampai sekarang:
  • Solat tahajud 8 rakaat 
  • Solat 2 rakaat sebelum subuh 
  • Solat diawal waktu 
  • Tadarus alquran  1 juz sebelum jam 6 pagi
    

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Character Detect

“BERKOLABORASI MENJADI PENGUSAHA SEJATI”

Rahasia Magnet Rezeki